Citronella essential oil (minyak esensial atau minyak atsiri sereh wangi) telah digunakan selama berabad-abad di Cina, Indonesia dan Sri Lanka untuk mengurangi ruam, inflamasi, infeksi, rasa sakit dan kondisi kesehatan lainnya.

Citronella oil memiliki konsentrasi tinggi antioksidan dan fitokimia yang berasal dari batang dan daun sereh wangi (Cymbopogon nardus).

Minyak ini banyak digunakan sebagai minyak wangi alami, penolak serangga, serta menjadi bagian dalam produk kecantikan dan rumah tangga.

Menurut puluhan studi klinis, citronella oil (minyak sereh wangi) murni memiliki sifat antiseptik, antimikroba dan antijamur.

Penggunaan paling populer citronella adalah sebagai bagian dalam produk penolak serangga karena secara alami mampu mengusir nyamuk dan serangga lain.

U.S. Environmental Protection Agency menganggap citronella sebagai “biopestisida” yang efektif melawan merangga namun bukan merupakan substansi beracun.

Karena efektif melawan infeksi, bakteri dan jamur, citronella oil juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan perabot dan memurnikan udara.

Manfaat Citronella Essential Oil

Menurut berbagai penelitian, berikut adalah manfaat citronella oil (minyak sereh wangi):

  • Mengusir serangga secara alami
  • Melawan kerusakan akibat radikal bebas
  • Melawan bakteri dan jamur
  • Mengurangi peradangan
  • Mempromosikan relaksasi
  • Melawan infeksi pernafasan
  • Mendukung pencernaan/kesehatan usus
  • Meredakan nyeri otot
  • Membantu mengontrol perilaku hewan peliharaan

Terdapat lebih dari 30 spesies Cymbopogon tumbuh liar di seluruh dunia dan digunakan dalam masakan dan obat tradisional terutama di banyak negara Asia.

Terdapat dua jenis utama citronella yang digunakan untuk membuat minyak sereh murni: jenis Java dan jenis Ceylon.

Dalam hal aroma, manfaat dan kegunaan, citronella oil terkait dengan lemongrass essential oil dan beberapa citrus oil.

Citrolella Ceylon diperoleh dari tumbuhan Cymbopogon nardus Rendle dan memiliki bahan-bahan aktif berikut: geraniol (18 persen hingga 20 persen), limonene (9 persen hingga 11 persen), methyl isoeugenol (7 persen hingga 11 persen), citronellol (6 persen hingga 8 persen) dan citronellal (5 persen hingga 15 persen).

Citronella Ceylon memiliki aroma yang mirip dengan buah jeruk (citrus fruit) dan dan cinnamon (kayu manis).

Sementara itu, citronella jenis Java berasal dari spesies yang disebut Cymbopogon winterianus Jowitt.

Bahan aktif citronella Java meliputi: citronellal (32 persen hingga 45 persen), geraniol (11 persen hingga 13 persen), geranyl acetate (3 persen hingga 8 persen) dan limonene (1 persen hingga 4 persen).

Diantara keduanya, jenis Java dianggap lebih kuat, dan karena itu biasanya lebih mahal.

Citronella jenis Java memiliki warna lebih gelap dan aroma “segar” yang mirip dengan lemon dan lemon essential oil.

Dari semua bahan aktif citronella, tiga yang paling banyak diteliti dan dihargai adalah citronellol, citronellal dan geraniol.

Kedua jenis citronella oil memiliki kegunaan yang luas, termasuk mengurangi stres, sifat antibakteri atau antiseptik, dan meremajakan kulit.

Citronella essential oil merupakan salah satu minyak aromaterapi yang paling umum digunakan.

Selain itu, citronella juga digunakan sebagai aditif makanan dan pengawet makanan.

Penggunaan Citronella Essential Oil

1. Pengusir Serangga Alami

Citronella telah terdaftar sebagai penolak serangga di Amerika Serikat sejak tahun 1948.

Citronella bahkan mampu mengusir nyamuk Aedes aegypti, yang menyebarkan “demam berdarah.”

Menurut beberapa penelitian, Anda perlu kembali mengoleskan citronella oil setiap 30-60 menit untuk mempertahankan efektivitasnya sebagai pengusir serangga.

Anda dapat mengkombinasikan citronella oil dengan beberapa tetes minyak kelapa dan mengoleskannya ke tubuh seperti lotion.

Cara lain, larutkan beberapa tetes citronella oil dalam botol semport berisi air dan gunakan untuk menyemprot kulit atau pakaian Anda.

Menerapkan citronella oil langsung ke tubuh dianggap lebih efektif untuk memerangi serangga dibanding dalam bentuk lilin aromaterapi.

2. Anti-inflamasi dan Pereda Nyeri

Karena sifat antioksidan dan kemampuan untuk meningkatkan aliran darah, citronella sering digunakan sebagai pengobatan arthritis alami, khususnya untuk mengurangi nyeri yang terkait dengan masalah ortopedi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Kombinasikan 2-3 tetes citronella oil dengan carrier oil seperti minyak kelapa dan pijatkan ke sendi dan otot yang bengkak, atau berendam dalam air citronella hangat untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.

3. Mengurangi Stres

Citronella oil (minyak sereh wangi) bermanfaat menenangkan pikiran dan berkontribusi mengurangi stres serta membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Anda bisa mendifusikan di rumah, memijatkan ke kulit atau menyemprotkannya ke sprei tempat tidur.

4. Membantu Pencernaan

Citronella mendukung organ pencernaan dengan mengurangi peradangan dan membantu detoksifikasi hati, perut dan usus.

Senyawa tertentu dalam citronella mencegah pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan dan mempercepat penyembuhan penyakit serta luka.

Minyak ini juga mampu membunuh organisme (parasit atau cacing) dalam usus kecil dan besar.

Anda bisa menelan citronella oil dalam jumlah kecil untuk memberi perlindungan terhadap leaky gut syndrome (sindrom usus bocor), penyakit autoimun, infeksi pada usus, saluran kencing, kandung kemih, saluran pencernaan, prostat, dan ginjal.

5. Melancarkan Detoksifikasi

Memiliki sifat sebagai agen diaphoretic (merangsang keringat) dan agen diuretic (merangsang berkemih), citronella dapat membantu upaya mengeluarkan racun dari tubuh.

Minum satu sampai dua tetes citronella essential oil murni dengan madu dan lemon serta air hangat dapat meningkatkan peluruhan kelebihan lemak, sodium, asam urat dan racun.

6. Pengharum Alami

Karena memiliki aroma bersih dan segar, mirip aroma lemon atau lemongrass, citronella merupakan bahan yang umum ditemukan dalam sabun, lilin, dupa, parfum dan kosmetik.

Anda dapat menghilangkan bau di rumah, pencuci piring, kulkas dan mesin cuci dengan mendifusikan atau menyemprotkan citronella oil yang telah dilarutkan dengan air.

7. Melemaskan Otot

Citronella oil (minyak sereh wangi) membantu meningkatkan aliran darah sehingga menurunkan kejang otot, nyeri, kram dan pembengkakan.

Coba pijatkan citronella oil yang telah dicampur dengan carrier oil ke otot yang sakit atau ke daerah perut untuk meredakan kram PMS.

8. Pembersih Dapur

Citronella oil (minyak sereh wangi) terbukti memiliki sifat antijamur dan sifat antibakteri kuat sehingga membantu membersihkan dapur, kamar mandi atau permukaan rumah tangga tanpa perlu bahan kimia.

Senyawa dalam minyak ini, termasuk methyl isoeugenol, efektif mengurangi patogen dari makanan dan bahkan bakteri berbahaya.

9. Perawatan Kulit Alami

Selain mencegah gigitan serangga, penelitian menunjukkan citronella oil juga bisa membantu menyembuhkan dermatitis, mengobati eksim, memperlambat penuaan kulit, menyembuhkan bekas gigitan serangga dan mengobati infeksi jamur pada kulit.

Minyak ini juga mampu mempercepat penyembuhan luka, dan mungkin bermanfaat menanggulangi jerawat, menyingkirkan kutil, mengobati bisul dan menyembuhkan bintik-bintik pada kulit terkait usia.

Menggunakan citronella oil juga dapat membuat kulit tampak muda dan halus dan bahkan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Kombinasikan sejumlah kecil citronella oil dengan minyak kelapa dan pijatkan ke wajah, atau tambahkan 1-2 tetes pada air mandi atau air pencuci wajah.

Sebagai obat rumah untuk jerawat, cobalah mengoleskan satu tetes citronella essential oil murni pada jerawat tiga kali sehari. Pastikan menggunakan kapas steril.

10. Menenangkan Hewan Peliharaan

Walaupun terdengar aneh, citronella oil (minyak sereh wangi) efektif menenangkan anjing yang selalu menggonggong.

Selain itu, menyemprotkan citronella pada furnitur atau sprei akan membuatnya bebas dari bakteri, hama dan bau.

Tambahkan beberapa tetes ke botol semprot bersama dengan air, kocok, dan semprotkan ke seluruh rumah dan barang-barang rumah tangga.

11. Shampo dan Conditioner Alami

Salah satu penggunaan paling populer citronella oil (minyak sereh wangi) adalah sebagai pembersih sekaligus kondisioner rambut.

Minyak ini dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak pada rambut sekaligus memerangi ketombe dan membuat rambut bersinar.

Banyak orang juga merasa citronella oil menambah volume pada rambut, mencegah kusut dan membantu melindungi warna rambut dari kerusakan akibat matahari.

Tambahkan beberapa tetes ke shampo atau conditioner, atau buat resep buatan sendiri menggunakan cleansing oil seperti minyak kelapa, yang juga bermanfaat bagi rambut.

Efek Samping dan Interaksi Citronella Essential Oil

U.S. Environmental Protection Agency menyatakan citronella oil memiliki sangat sedikit toksisitas saat digunakan sebagai obat anti nyamuk yang dioleskan pada kulit.

U.S. Food & Drug Administration juga menganggap citronella oil secara umum aman saat digunakan secara topikal.

Bahkan, hampir tidak terdapat laporan efek samping serius selama periode 60 tahun penggunaannya legal citronella oil.

Citronella oil sudah terbukti sangat aman bahkan untuk anak-anak dan kebanyakan orang dengan kulit sensitif.

Meski begitu, tetap disarankan menggunakan citronella oil (minyak sereh wangi) dalam jumlah kecil untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi alergi seperti kemerahan, bengkak atau gatal-gatal.